Prediksi Soal PAS atau Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 4 Semester 1 2022/23

- 15 November 2022, 20:04 WIB
Jawaban Soal pendidikan Pancasila kelas 4 Semester 1 2022/23
Jawaban Soal pendidikan Pancasila kelas 4 Semester 1 2022/23 /pexels/oliadanilevich

MEDIA BLORA – Berikut prediksi soal- soal dan kumpulan latihan untuk PAS atau Penilaian Akhir Semester 1 mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 4 SD/MI semester I Tahun Ajaran 2022 2023 dan kunci jawaban.

Dengan adanya kumpulan latihan soal PAS atau Penilaian Akhir Semester untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 4 SD/MI Semester I Tahun Ajaran 2022 2023.

Dengan belajaran soal soal ini,di harapkan bisa membantu siswa siswi kelas IV dalam rangka mempersiapan menghadapi ujian Penilaian Akhir Semester besok.

Baca Juga: Download Soal UAS PKN Kelas 9 Semester 1 Tahun Pelajaran 2022-2023 Lengkap Kunci Jawaban

Di samping itu dengan latihan soal PAS atau Penilaian Akhir Semester untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 4 SD/MI Semester I Tahun Ajaran 2022 2023.

Hal ini di harapkan bisa dijadikan pengayaan bahan materi untuk para orang tua saat mendampingi anaknya belajar dan juga bisa di jadikan pengayaan bahan ajar bagi siswa siswi yang saat ini duduk di kelas 4 SD/MI.

Silahkan di simak dan di pahami dengan seksama kumpulan latihan soal latihan soal PAS atau Penilaian Akhir Semester untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 4  SD/MI semester I Tahun Ajaran 2022 2023 dan kunci jawaban berikut ini.

Berikut ini adalah kumpulan latihan soal PAS atau Penilaian Akhir Semester untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 4 SD/MI Semester I Tahun Ajaran 2022 2023 beserta kunci jawabannya.

1.Lontar Bali merupakan bentuk tradisi dan warisan dari para leluhur masyarakat bali. Sampai sekarang, tradisi lontar bali masih dilestarikan. Lontar Bali adalah tradisi menulis dengan menggunakan aksara Bali diatas daun lontar. Lontar Bali merupakan salah satu contoh kearifan lokal yang berbentuk ….

a.bangunan

b.nyanyian

c.tekstual

d.tidak berwujud

Jawaban : C

2.Kearifan lokal yang beragam dari setiap daerah jangan dijadikan sebagai pemecah belah bangsa. Namun, perlu disikapi sebagai keunikan dari setiap daerah.Dengan demikian, kearifan lokal dapat memperkaya dan melestarikan budaya bangsa. Kearifan lokal dari daerah lain harus kita sikapi dengan saling ….

a.merendahkan

b.menolaknya

c.menghormati

d.membandingkan

Jawaban : C

Baca Juga: Download Soal UAS PKN Kelas 9 Semester 1 Tahun Pelajaran 2022-2023 Lengkap Kunci Jawaban

3.Setiap warga negara wajib mempertahankan persatuan dan kesatuan. Kita dapat mempertahankan persatuan dan kesatuan dengan mengamalkan sikap-sikap menghargai keberagaman. Sikap-sikap menghargai keberagaman perlu diterapkan dimanapun dan kapanpun. Sikap yang harus dikembangkan dalam mewujudkan persatuan dalam keberagaman adalah ….

a.memandang rendah suku dan budaya lain

b.menerima keragaman suku dan budaya sebagai kekayaan bangsa

c.menganggap suku dan budaya sendiri sebagai yang paling baik

d.menghapuskan semua budaya negeri diganti dengan budaya asing

Jawaban : B

4.Bersikap terbuka terhadap anggota keluarga, menghargai peran masing-masing keluarga, dan tidak memaksakan kehendak kepada anggota keluarga serta saling membantu dan menyanyangi antar anggota keluarga merupakan sikap-sikap saling menghargai keberagaman dilingkungan ….

a.bangsa dan Negara

b.keluarga

c.masyarakat

d.sekolah

Jawaban : B

5.Semangat nasionalisme harus terus dipupuk dan diperkuat oleh setiap bangsa Indonesia. Nasioanlisme semakin berkembang karena dipersatukan dengan “Bhineka Tunggal Ika” yang bemakna walaupun berbeda-beda suku, adat, budaya dan bahasa daerahnya, tetapi tetap satu, yaitu bangsa Indonesia.

Pernyataan yang tepat terkait pernyataan diatas adalah ….

a.Bhineka tunggal ika diambil dari buku Sutasoma karangan Empu Tantular

b.Nasionalisme semakin tumbuh dan kuat jika semua bersikap saling menghargai dan menghormati

c.Semangat nasionalisme akan memunculkan konflik di sebuah Negara

d.Semangat nasionalisme tidak diperlukan karena menghambat kemajuan Negara :

Jawaban : B

6.Rumah adat adalah contoh hasil pemikiran leluhur dan mengandung nilai-nilai kebudayaan daerah. Hampir setiap suku bangsa mempunyai bentuk rumah yang berbeda-beda. Bangunan rumah setiap suku bangsa disesuaikan dengan kondisi alam dan tradisi setiap daerah. Berikut pasangan yang benar adalah ….

a. Kalimantan Barat         -              Rumah Lamin

b. Kalimantan Timur        -              Rumah Panjang

c. Jawa barat                      -              Rumah Joglo

d. Sulawesi Selatan         -              Rumah Tongkonan

Jawaban : D

7.Masyarakat Indonesia juga memiliki keberagaman ekonomi. Keberagaman ekonomi membuat ,masyarakat dapat memenuhi segala kebutuhannya. Dengan terpenuhinya kebutuhan hidup, maka kesejahteraan akan tercapai. Keberagaman ekonomi Indonesia di tunjukkan dengan adanya ….

a.perbedaan jenis pekerjaan

b.tingkat kemiskinan

c.tingkat pendidikan

d.banyaknya jenis perusahaan

Jawaban : A

Baca Juga: Terbaru ! 20 Soal UAS PKN Kelas 9 Semester 1 Tahun Pelajaran 2022-2023 Lengkap dengan Kunci Jawaban

8.Kearifan lokal (Local Wisdom) adalah gagasan, nilai, pandangan setempat (lokal) yang bersifat  bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakatnya. Kearifan lokal juga berarti bagian dari budaya suatu masyarakat yang tak terpisahkan dari bahasa masyarakat itu sendiri. Kearifan lokal biasanya diwariskan secara turun temurun melalui cerita. Kearifan lokal dapat ditemukan pada cerita rakyat, peribahasa, lagu dan permainan rakyat. Kearifan lokal memiliki dua bentuk, yaitu tidak berwujud dan berwujud nyata. Bentuk kearifan lokal yang tidak berwujud dapat ditemukan pada ….

a.bentuk cagar budaya

b.petuah

c.prasasti

d.rumah adat

Jawaban : B

9.Suku-suku bangsa yang beranekaragam itu menempati hampir seluruh wilayah Indonesia yang terdiri atas ribuan pulau. Suku-suku bangsa tersebut mengikatkan diri dalam wadah sebuah negara, yaitu negara kesatuan Republik Indonesia. Semboyan Bhineka tunggal ika menjadi faktor pemersatu berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia. Semboyan Bhineka tunggal Ika berarti . . . .

a.Keanekaragaman sulit dipersatukan

b.Perbedaan menimbulkan perpecahan

c.Perpecahan dalam perbedaan

d.Walaupun berbeda-beda, tetap satu jua

Jawaban : D

10.Hari ini adalah tanggal 28 Oktober.Pada tanggal tersebut seluruh rakyat bangsa Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda, tidak terkecuali di SDN Trangkil. Sewaktu upacara, bapak Kepala Sekolah  memberikan amanat tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan. Didalam buku yang dikarang oleh pengarang Mpu Tantular yang berjudul  ....

a.Babad tanah jawi

b.Mahabaratha

c.Negara Kertagama

d.Sutasoma

Jawaban : D

11.Mengingat semboyan kita Bhineka Tunggal Ika yang tertulis dalam seuntai pita yang digenggam oleh kedua kaki burung garuda sebagai lambang Negara Republik Indonesia.Salah satu alasan digunakannya kalimat Bhineka Tunggal Ika  semboyan Negara adalah kondisi bangsa Indonesia yang mirip dengan kondisi kerajaaan  ....

a.Kediri

b.Majapahit

c.Singosari

d.Sriwijaya

Jawaban : B

12.Indonesia dikenal memiliki masyarakat yang majemuk. Masyarakat majemuk merupakan masyarakat yang terdiri atas keberagaman. Adanya keberagaman membuat Indonesia menjadi bangsa yang banyak budaya. Dengan adanya keberagaman masyarakat Indonesia juga menimbulkan keberagaman bahasa daerah, rumah tradisional, pakaian adat, dan kesenian daerah. Adapun salah satu contoh keberagaman yang dimiliki Indonesia  adalah . . . .

a.tanah air

b.negara

c.bahasa nasional

d.agama

Jawaban : D

13.Keberagaman bangsa Indonesia dapat kita lihat dari keberagaman agama yang dianut oleh penduduk Indonesia. Sila pertama Pancasila yang merupakan dasar dan ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Paham Atheis tidak mempercayai adanya Tuhan Yang Maha Esa sehingga tidak boleh hidup di Indonesia karena bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. Berikut pasangan yang benar sesuai agama resmi yang diakui oleh pemerintah adalah ….

a.Hindu -Wihara

b.Katholik-Pura

c.Islam  -Gereja

d.Khonghucu-Kelenteng

Jawaban : D

14.Salah satu budaya asli Indonesia dalam menyelesaikan masalah yang menyangkut banyak orang adalah musyawarah. Musyawarah merupakan budaya asli rakyat Indonesia dalam menyelesaikan masalah yang menyangkut kepentingan banyak orang. Musyawarah adalah perundingan atau keputusan bersama yang bertujuan untuk mencapai mufakat. Musyawarah dapat berjalan baik apabila peserta musyawarah memiliki sikap . . . .

a.egois

b.kebersamaan

c.tidak mau mengalah

d.sikap individualis

Jawaban :  B

Baca Juga: Contoh Soal UAS PKN Kelas 9 Semester 1 Tahun Pelajaran 2022-2023 Lengkap dengan Kunci Jawaban

15.Kelas IV sedang melakukan pemilihan ketua kelas. Calon yang terpilih ada dua, yaitu Rico dan Dina. Adapun Adit merupakan salah satu siswa kelas IV menolak mengikuti pemilihan ketua kelas. Adit menolak karena ia tidak menyetujui dengan semua nama calon ketua kelas yang terpilih. Kewajiban apa yang harus dilakukan Adit supaya musyawarah berjalan dengan baik  . . . .

a.mementingkan kepentingan pribadi di atas kepentingan bersama

b.menghormati dan menghargai pendapat yang sama

c.menerima dengan lapang dada setiap kritik, usul, dan saran dari orang lain

d.menahan diri untuk tidak memaksakan kehendak apabila pendapatnya tidak diterima

Jawaban : C

16.Pancasila memberikan karakteristik khas bangsa Indonesia yang membedakannya dengan bangsa lain. Karakteristik khas tersebut, diantaranya musyawarah untuk mencapai mufakat, kekeluargaan, gotong royong, dan toleransi. Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia, memancar dalam setiap tindakan atau amal perbuatan bangsa Indonesia.Berikut ciri khas bangsa Indonesia yang membedakan dengan bangsa lain adalah  . . . .

a.Gotong royong, individualis, dan egoisme

b.Individualis, musyawarah untuk mufakat

c.Individualis, gotong royong, dan musyawarah

d.Kekeluargaan, gotong royong, dan toleransi

Jawaban : D

17.Norma agama adalah kaidah-kaidah atau pengaturan hidup yang dasar sumbernya dari wahyu ilahi. Norma agama merupakann suatu aturan hidup yang harus diterima dari sang kholik (Pencipta) kepada manusia sebagai makhluk (yang diciptakan) sebagai pedoman baik itu sebagai perintah, larangan atau anjuran lainnya. Supaya kalian terhindar dari perilaku yang melanggar norma agama, maka yang harus dilakukan adalah  . . . .

a.mengikuti upacara keagamaan setiap agama

b.mempelajari ajaran setiap agama

c.membandingkan ajaran setiap agama

d.beribadah sesuai dengan agama dan keyakinan

Jawaban : D

18.Lingkungan rumah juga memiliki aturan. Kalian bayangkan apabila setiap anggota keluarga tidak mau menjalankan aturan yang dibuat. Tentu akan terjadi ketidaknyamanan dan ketidaktenteraman dalam kehidupan keluarga dapat disimpulkan bahwa manusia memiliki hak dan kewajiban yang melekat pada dirinya. Sebagai seorang anggota keluarga hak anak  adalah . . . .

a.bersikap sopan dan menyanyangi anggota keluarga

b.mendengarkan dan melaksanakan nasihat orang tua

c.mendapatkan tempat tinggal dan pakaian

d.mendapatkan suasana belajar tenang dan aman

Jawaban : C

19.Kaidah atau aturan yang harus di patuhi oleh setiap manusia dalam menjalankan berbagai aktivitas kehidupannya dalam kehidupan di keluarga, masyarakat maupun kehidupan berbangsa dan bernegara merupakan pengertian dari norma. Beberapa ciri yang melekat pada norma yang ada dalam masyarakat dan berikut yang bukan ciri adalah ….

a.bersifat dinamis, artinya dapat mengalami perubahan sesuai perkembangan masyarakat

b.bersifat mengingat dan memiliki sanksi bagi anggota masyarakat yang melanggarnya

c.merupakan hasil dari permufakatan para anggota masyarakat

d.tidak wajib dipatuhi oleh setiap anggota masyarakat

Jawaban : D

20.Norma merupakan ukuran perilaku baik atau buruk, dan pantas atau tidak pantas. Aline merupakan anak yang rajin dan cerdas. Dia juga selalu bertutur kata yang baik ketika berbicara dengan siapa saja. Hal itu membuat Aline menjadi anak yang di sayangi oleh orang tua dan teman-temannya. Perilaku yang ditampilkan oleh Aline merupakan bentuk pengamalan norma   . . . .

a.adat

b.hukum

c.kesopanan

d.kesusilaan

Jawaban : C
Baca Juga: Download Soal UAS IPA Kelas 6 Semester 1 Beserta Kunci Jawaban PDF Sesuai Kisi-kisi Kurikulum 2013 Tahun 2022
Demikian kumpulan latihan soal  PAS atau Penilaian Akhir Semester untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 4  SD/MI semester I Tahun Ajaran 2022 2023 dan kunci jawaban

Dengan adanya kumpulan latihan soal  PAS atau Penilaian Akhir Semester untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 4  SD/MI semester I Tahun Ajaran 2022 2023 dan kunci jawaban seperti ini di harapkan bisa membantu siswa siswi dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila.

Konten soal soal ujian ini dibuat untuk siswa atau orang tua dalam proses evaluasi belajar dalam menemukan soal dan kunci jawaban.

Artikel ini tidak mutlak kebenaran jawabannya. Namun jawaban bersifat terbuka, dan dimungkinkan bagi guru atau siswa bisa mengeksplore jawaban lain yang mungkin lebih presisi.Semangat menjemput kesuksesan***

Editor: Muhammad Ma`ruf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x