Latihan Soal Soal PAS Atau Penilaian Akhir Semester 1 Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV 2022/2023

- 25 November 2022, 22:46 WIB
soal PAS Mapel Pendidikan Pancasila Kelas 4 Semester 1
soal PAS Mapel Pendidikan Pancasila Kelas 4 Semester 1 /unsplash.com


MEDIA BLORA - Soal Soal berikut ini merupakan kumpulan latihan soal PAS atau Penilaian Akhir Semester untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV (Empat SD/MI) Semester I Tahun Ajaran 2022 2023 dan kunci jawaban.

Dengan adanya kumpulan latihan soal PAS atau Penilaian Akhir Semester untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV ( Empat ) SD/MI Semester I Tahun Ajaran 2022 2023.

Diharapkan bisa membantu siswa siswi kelas IV dalam rangka mempersiapan menghadapi ujian Penilaian Akhir Semester besok.

Di samping itu dengan latihan soal PAS atau Penilaian Akhir Semester untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV ( Empat ) SD/MI Semester I Tahun Ajaran 2022 2023.

Hal ini diharapkan bisa dijadikan pengayaan bahan materi untuk para orang tua saat mendampingi anaknya belajar dan juga bisa di jadikan pengayaan bahan ajar bagi siswa siswi yang saat ini duduk di kelas IV SD/MI.

Silahkan di simak dan di pahami dengan seksama kumpulan latihan soal latihan soal PAS atau Penilaian Akhir Semester untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV(Empat) SD/MI Semester I Tahun Ajaran 2022 2023 dan kunci jawaban berikut ini.

Berikut ini adalah kumpulan latihan soal PAS atau Penilaian Akhir Semester untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV ( Empat ) SD/MI Semester I Tahun Ajaran 2022 2023 beserta kunci jawabannya
Baca Juga: Update 30 Soal PAS SKI Kelas 8 Semester 1 Beserta Kunci Jawaban Sesuai Kisi-kisi Kurikulum 2013 Tahun 2022

1.Hari ini hari Senin waktunya melaksanakan upacara bendera. Upacara bendera adalah salah satu cara kita untuk menghormati jasa para pahlawan bangsa. Ketika upacara kita membacakan teks Pancasila. Menurut kalian fungsi utama Pancasila adalah sebagai  . . . .

a.dasar negara
b.jiwa bangsa
c.pelindung negara
d.penjaga negara
Jawaban : A 

2.Kedatangan bangsa Jepang di Indonesia pada tahun 1942. Sejarah perumusan Pancasila diawali pada saat pemerintah Jepang membentuk Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yaitu dibentuk pada tanggal ….
a.29 April 1942
b.29 April 1943
c.29 April 1944
d.29 April 1945
Jawaban : D
 
3.Salah satu dasar dari pembentukan suatu negara adalah adanya dasar Negara. Pada sidang BPUPKI yang berlangsung pada 29 Mei – 17 Juli 1945 membahas tentang perumusan dasar Negara Indonesia. Terdapat beberapa tokoh yang mengusulkan mengenai konsep dasar Negara Indonesia, antara lain dan yang bukan adalah   . . . .
a.Prof.Mr.Dr. Soepomo (31 Mei 1945)
b.Mr. Muhammad Yamin (29 Mei 1945)
c.Ir. Soekarno (1 Juni 1945)
d.Dr.K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat (29 Mei 1945)
Jawaban : D

4.Ir. Soekarno melaporkan hasil kerja panitia perancang Undang-Undang Dasar pada 14 Juli 1945 di hadapan anggota sidang BPUPKI yang ke dua. Laporan hasil kerja tersebut terdiri atas tiga hal pokok, berikut yang bukan tiga hal pokok tersebut adalah.....

a.pembukaaan undang-undang dasar
b.pernyataan Indonesia merdeka
c.perumusan Pancasia
d.undang-undang dasar (batang tubuh)
Jawaban : C

5.Setelah tugas BPUPKI selesai yaitu pada tanggal 7 Agustus 1945 disaat kondisi Jepang mengalami kekalahan, yang disebabkan oleh sekutu pada tanggal 6 Agustus dan 9 Agustus 1945 kota Nagasaki dan Hiroshima di bom atom. Badan yang dibentuk untuk menggantikan BPUPKI adalah . . . .
a.Panitia kebahasaan
b.Panitia kecil
c.Panitia sembilan
d.PPKI
Jawaban : D

6.Hasil sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 telah mengesahkan Pembukaan UUD sekaligus dasar Negara dan Batang tubuh atau pasal-pasal UUD dasar Negara dan Batang tubuh atau pasal-pasal UUD 1945. Berikut tiga agenda yang dibahas pada sidang PPKI, antara lain: . . . .

a.Konstitusi Negara Indonesia, presiden dan wakil presiden, serta lembaga yang membantu tugas presiden
b.Rumusan dasar Negara Indonesia, system pemerintahan Indonesia, dan presiden Indonesia
c.Rumusan dassar Negara Indonesia, sistem perekonomian Indonesia, dan sistem pemerintahan Indonesia
d.Pernyataan kemerdekaaan Indonesia, Sistem perekonomian Indonesia, dan sistem pemerintahan Indonesia
Jawaban : A

7.Tiga orang tokoh; Mr. Muhammad yamin, Mr. Soepomo dan Ir. Soekarno merupakan bagian dari para bapak bangsa yang mengemukakan gagasan dan pendapatnya mengenai rumusan dasar Negara bernama Pancasila. Pancasila yang menjadi dasar Negara Indonesia hingga saat ini merupakan hasil perumusan dari  . . . .
a.BPUPKI
b.PPKI
c.Ir. Soekarno
d.Mr. Soepomo
Jawaban : B

8.Landasan Perjuangan bangsa Indonesian termaktub dalam nilai-nilai tersebut yang menjadi bagian dalam merumuskan dasar negara kita Pancasila, selain itu para bapak bangsa dan rakyat Indonesia pada waktu itu telah mendalami nilai-nilai juang dalam semangat kebersamaan. Beberapa nilai kebersamaan yang  tercermin dari para tokoh perumus Pancasila, yaitu . . . .
a.mengutamakan kepentingan golongan
b.menyerah pada kekuasaan bangsa asing
c.menyerah menghadapi permasalahan
d.memiliki semangat persatuan bangsa
Jawaban : D

9.Membuka diri untuk menerima masukan dari anggota keluarga lain dan selalu menonton tayangan televisi yang memberikan kesempatan untuk memperluas cakrawala berpikir seperti menonton berita serta menerima pendapat yang dikemukakan oleh adik atau kakak, jika pendapat tersebut banyak mengandung manfaat bagi kehidupan merupakan beberapa contoh perilaku yang menunjukkan sikap meneladani nilai-nilai juang para pahlawan dilingkungan  . . . .

a.berbangsa dan bernegara
b.keluarga
c.masyarakat
d.sekolah
Jawaban : B
Baca Juga: Download 25 Soal PAS Matematika Kelas 7 Semester 1 PDF dan Kunci Jawaban Sesuai Kisi-kisi Kurikulum 2013
10.Memberikan kesempatan kepada teman untuk menyampaikan pendapatnya, terbiasa berdialog dengan guru dan warga sekolah lainnya dengan baik, dan berani menegur teman yang berbuat tidak baik serta menghargai hasil karya teman sebagai seorang peserta didik apakah sikap-sikap tersebut sesuai dengan nilai Pancasila ketika berada di lingkungan  . . . .

a.sekolah
b.masyarakat
c.keluarga
d.berbangsa dan bernegara
Jawaban : A

11.Mengutamakan musyawarah dalam menyelesaikan setiap persoalan, senantiasa terbuka terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan masyarakatnya dan memanfaatkan teknologi untuk kepentingan masyarakat serta ikut dalam kegiatan gotong royong merupakan cerminan perilaku nilai-nilai Pancasila di dalam . . . .

a.lingkungan sekolah
b.lingkungan masyarakat
c.lingkungan keluarga
d.lingkungan berbangsa dan bernegara
Jawaban : B

12.Kaidah atau aturan yang harus di patuhi oleh setiap manusia dalam menjalankan berbagai aktivitas kehidupannya dalam kehidupan di keluarga, masyarakat maupun kehidupan berbangsa dan bernegara merupakan pengertian dari norma. Beberapa ciri yang melekat pada norma yang ada dalam masyarakat dan berikut yang bukan ciri adalah ….

a.bersifat dinamis, artinya dapat mengalami perubahan sesuai perkembangan masyarakat
b.bersifat mengingat dan memiliki sanksi bagi anggota masyarakat yang melanggarnya
c.merupakan hasil dari permufakatan para anggota masyarakat
d.tidak wajib dipatuhi oleh setiap anggota masyarakat
Jawaban : D

13.Norma merupakan ukuran perilaku baik atau buruk, dan pantas atau tidak pantas. Aline merupakan anak yang rajin dan cerdas. Dia juga selalu bertutur kata yang baik ketika berbicara dengan siapa saja. Hal itu membuat Aline menjadi anak yang di sayangi oleh orang tua dan teman-temannya. Perilaku yang ditampilkan oleh Aline merupakan bentuk pengamalan norma ......
a.adat
b.hukum
c.kesopanan
d.kesusilaan
Jawaban : C

14.Norma agama adalah kaidah-kaidah atau pengaturan hidup yang dasar sumbernya dari wahyu ilahi. Norma agama merupakann suatu aturan hidup yang harus diterima dari sang kholik (Pencipta) kepada manusia sebagai makhluk (yang diciptakan) sebagai pedoman baik itu sebagai perintah, larangan atau anjuran lainnya. Supaya kalian terhindar dari perilaku yang melanggar norma agama, maka yang harus dilakukan adalah  . . . .
a.mengikuti upacara keagamaan setiap agama
b.mempelajari ajaran setiap agama
c.membandingkan ajaran setiap agama
d.beribadah sesuai dengan agama dan keyakinan
Jawaban : D

15.Lingkungan rumah juga memiliki aturan. Kalian bayangkan apabila setiap anggota keluarga tidak mau menjalankan aturan yang dibuat. Tentu akan terjadi ketidaknyamanan dan ketidaktenteraman dalam kehidupan keluarga dapat disimpulkan bahwa manusia memiliki hak dan kewajiban yang melekat pada dirinya. Sebagai seorang anggota keluarga hak anak  adalah . . . .

a.bersikap sopan dan menyanyangi anggota keluarga
b.mendengarkan dan melaksanakan nasihat orang tua
c.mendapatkan tempat tinggal dan pakaian
d.mendapatkan suasana belajar tenang dan aman

Jawaban : C

16.Mengingat semboyan kita Bhineka Tunggal Ika yang tertulis dalam seuntai pita yang digenggam oleh kedua kaki burung garuda sebagai lambang Negara Republik Indonesia.Salah satu alasan digunakannya kalimat Bhineka Tunggal Ika  semboyan Negara adalah kondisi bangsa Indonesia yang mirip dengan kondisi kerajaaan  ....
a.Kediri
b.Majapahit
c.Singosari
d.Sriwijaya
Jawaban : B

17.Indonesia dikenal memiliki masyarakat yang majemuk. Masyarakat majemuk merupakan masyarakat yang terdiri atas keberagaman. Adanya keberagaman membuat Indonesia menjadi bangsa yang banyak budaya. Dengan adanya keberagaman masyarakat Indonesia juga menimbulkan keberagaman bahasa daerah, rumah tradisional, pakaian adat, dan kesenian daerah. Adapun salah satu contoh keberagaman yang dimiliki Indonesia  adalah . . . .
a.tanah air
b.negara
c.bahasa nasional
d.agama
Jawaban : D

18.Keberagaman bangsa Indonesia dapat kita lihat dari keberagaman agama yang dianut oleh penduduk Indonesia. Sila pertama Pancasila yang merupakan dasar dan ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Paham Atheis tidak mempercayai adanya Tuhan Yang Maha Esa sehingga tidak boleh hidup di Indonesia karena bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. Berikut pasangan yang benar sesuai agama resmi yang diakui oleh pemerintah adalah ….
a.Hindu -Wihara
b.Katholik-Pura
c.Islam  -Gereja
d.Khonghucu-Kelenteng
Jawaban : D

19.Salah satu budaya asli Indonesia dalam menyelesaikan masalah yang menyangkut banyak orang adalah musyawarah. Musyawarah merupakan budaya asli rakyat Indonesia dalam menyelesaikan masalah yang menyangkut kepentingan banyak orang. Musyawarah adalah perundingan atau keputusan bersama yang bertujuan untuk mencapai mufakat. Musyawarah dapat berjalan baik apabila peserta musyawarah memiliki sikap . . . .
a.egois
b.kebersamaan
c.tidak mau mengalah
d.sikap individualis
Jawaban :  B

20.Kelas IV sedang melakukan pemilihan ketua kelas. Calon yang terpilih ada dua, yaitu Rico dan Dina. Adapun Adit merupakan salah satu siswa kelas IV menolak mengikuti pemilihan ketua kelas. Adit menolak karena ia tidak menyetujui dengan semua nama calon ketua kelas yang terpilih. Kewajiban apa yang harus dilakukan Adit supaya musyawarah berjalan dengan baik  . . . .
a.mementingkan kepentingan pribadi di atas kepentingan bersama
b.menghormati dan menghargai pendapat yang sama
c.menerima dengan lapang dada setiap kritik, usul, dan saran dari orang lain
d.menahan diri untuk tidak memaksakan kehendak apabila pendapatnya tidak diterima
Jawaban : C

Baca Juga: Kumpulan Soal PAS SKI Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 Lengkap dengan Kunci Jawaban Terbaru Tahun 2022 2023
Demikian kumpulan latihan soal  PAS atau Penilaian Akhir Semester untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV ( Empat )  SD/MI Semester I Tahun Ajaran 2022 2023dan kunci jawabannya.
Dengan adanya kumpulan latihan soal  PAS atau Penilaian Akhir Semester untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV ( Empat )  SD/MI Semester I Tahun Ajaran 2022 2023 dan kunci jawaban seperti ini di harapkan bisa membantu siswa siswi dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila.

Konten soal soal ujian ini dibuat untuk siswa siswi SD/MI dalam proses evaluasi belajar dalam menemukan soal dan kunci jawaban.

Artikel ini tidak mutlak kebenaran jawabannya. Namun jawaban bersifat terbuka, dan dimungkinkan bagi guru atau siswa bisa mengeksplore jawaban lain yang mungkin lebih presisi.Semangat menjemput kesuksesan.***

 

Editor: Muhammad Ma`ruf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah