20 Soal Soal Latihan PAS Penilaian Akhir Semester I  SD/MI Tema 1 Kelas 3 Tahun Pelajaran 2021/2022

- 11 Desember 2022, 22:59 WIB
20 Soal Soal Latihan PAS Penilaian Akhir Semester I SD/MI Tema 1 Kelas 3 Tahun Pelajaran 2021/2022
20 Soal Soal Latihan PAS Penilaian Akhir Semester I SD/MI Tema 1 Kelas 3 Tahun Pelajaran 2021/2022 /unsplash.com



MEDIA BLORA - Soal Soal berikut ini merupakan kumpulan latihan soal PAS atau Penilaian Akhir Semester I SD/MI Tema 1  Kelas 3 Tahun Pelajaran 2021/2022 dan kunci jawaban.

Dengan adanya kumpulan latihan soal PAS atau Penilaian Akhir Semester I untuk siswa SD/MI Tema 1 Kelas 3 Tahun Pelajaran 2021 2022 di harapkan bisa membantu siswa siswi kelas 3 dalam rangka mempersiapan menghadapi ujian Penilaian Akhir Semester besok.

Di samping itu dengan latihan soal PAS atau Penilaian Akhir Semester I untuk siswa SD/MI Tema 1 Kelas 3 Tahun Pelajaran 2021 2022 ini di harapkan bisa dijadikan pengayaan bahan materi untuk para orang tua saat mendampingi anaknya belajar dan juga bisa di jadikan pengayaan bahan ajar bagi siswa siswi yang saat ini duduk di kelas 3 SD/MI.
Baca Juga: Latihan 40 Soal dan Kunci Jawaban PAS PKN Kelas 8 Semester 1 Sesuai Kisi-kisi Kurikulum 2013 Tahun 2022
Silahkan di simak dan di pahami dengan seksama kumpulan latihan soal PAS atau Penilaian Akhir Semester I untuk siswa SD/MI Tema 1 Kelas 3 Tahun Pelajaran 2021 2022 beserta kunci jawaban berikut ini.

Berikut ini adalah kumpulan latihan soal PAS atau Penilaian Akhir Semester I untuk siswa SD/MI Tema 1 Kelas 3 Tahun Pelajaran 2021 2022 beserta kunci jawabannya

1.Keberagaman dalam kehidupan sehari - hari antara lain keberagaman kegemaran, ciri fisik, suku bangsa, budaya , agama, dan pekerjaan. Semua perbedaan yang ada merupakan anugerah Tuhan yang perlu kita syukuri. Menghargai dan menghormati keberagaman dilakukan saat musyawarah merupakan pengamalan sila Pancasila, yaitu sila ... .

a. kedua

b. ketiga

c. keempat

Jawaban : C

2.Pentingnya bekerja sama. Kerja sama merupakan salah satu wujud persatuan dalam keberagaman. Kerja sama dapat dilakukan dimana saja. Misalnya, dilingkungan rumah, sekolah, maupun masyarakat. Berikut manfaat kerja sama adalah ... .

a. Pekerjaan berat terasa ringan

b.Pekerjaan akan lebih lama selesai

c.Terjadi komunikasi yang tidak baik dengan sesama

Jawaban : A

3. Nanik mempunyai 3 lembar uang duaribuan dan 4 koin limaratusan dan Aditya mempunyai 1 lembar uang seribuan dan 2 koin duaratusan. Jumlah uang Nanik dan Aditya  adalah ... .

a. Rp 8.400,00

b. Rp 9.400,00

c. Rp 9.600,00

Jawaban : B

4. Pak Yono mempunyai 2 petak sawah dikawasan desa Kuwawur yang ditanami padi. Padi dikedua sawah Pak Agus sudah siap panen. Sawah pertama menghasilkan 1.367 kg padi. Adapun sawah kedua menghasilkan 1.458 kg padi. Jumlah seluruh hasil panen padi Pak Agus adalah ... .

a. 2.845 kg

b.2.835 kg

c.2.825 kg  

Jawaban : C

5.  Airlangga membagi 153 biji salak kepada tiga orang temannya.  Setiap anak mendapat biji salak sama banyak.  Biji salak yang diterima setiap anak adalah ... .                                         

a.153 : 3 = 51

b.153 : 3 = 53

c.153 : 3 = 55

Jawaban : A

6. Warna dapat menggambarkan suasana gelap atau terang. Terdapat dua golongan warna, yaitu warna primer dan warna sekunder. Warna primer terdiri atas merah, kuning dan biru. Adapun warna sekunder, yaitu warna yang dihasilkan dari campuran dua warna primer. Untuk memperoleh warna ungu, yaitu warna ... dan ... .

a. kuning , biru

b. merah , kuning

c. merah , biru

Jawaban : C

7. Karya seni mosaik adalah gambar atau lukisan yang terbuat dari kepingan – kepingan yang ditempel pada media datar dengan menggunakan lem. Kepingan – kepingan tersebut dapat berupa bahan buatan maupun bahan alami. Bahan alami yang dapat digunakan untuk membuat mosaik, antara lain ... .

a. daun, batu, cangkang telur

b. daun, batu, kepingan keramik

c. kaca, kertas, kepingan keramik

Jawaban : A

8. Kegiatan olahraga juga berpengaruh terhadap kekuatan tubuh. Cobalah lakukan permainan Kijang dan Rusa untuk melatih kekuatan tubuhmu ! Ada beberapa  tata cara melakukan permainan Kijang dan Rusa. Ketika guru memanggil Kijang, maka deret Kijang melompat ke depan, sedangkan deret Rusa berjalan kebelakang. Apabila guru memanggil Rusa, maka deret Rusa melompat ke depan, sedangkan deret Kijang berjalan ke ... .

a. kanan

b. depan

c. belakang

Jawaban : C

9. Gerakan dasar pada permainan lompat jauh adalah lompatan. Ada empat elemen penting dalam melompat, yaitu panggul dan lutut ditekuk sebelum melompat, lengan mencapai kepala, tubuh membentuk sudut 45º, serta melompat dan mendarat dengan ... .

a. satu kaki

b. kaki kiri

c. dua kaki

Jawaban : C

10. Sebagai warga negara yang baik, kita harus menghargai dan menghormati pemeluk agama lain. Saling menghargai dan menghormati adalah ... .

a. Demokrasi

b. Toleransi

c. Konferensi

Jawaban : B

11. Pekerjaan yang dilakukan bersama – sama akan cepat selesai dan menjadi lebih ringan, serta kerukunan bisa terwujud. Melakukan suatu kegiatan bersama untuk mencapai tujuan yang sama adalah ... .

a. Kerjasama

b. Kerjabakti

c. Kerja rodi

Jawaban : A

12. Kegiatan tanya jawab antara orang yang bertugas untuk memberikan pertanyaan dengan orang yang bertugas memberikan semua informasi secara lengkap dan jelas adalah ... .

a. Bercakap Cakap

b. Berbicara

c. Wawancara

Jawaban : C

13. Ahmad  memiliki 7 kolam lele. Setiap kolam berisi 138 lele. Hari ini semua lele yang akan dipanen adalah

a. 138 X 7 = 966 lele

b. 137 X 7 = 967 lele

c. 136 X 7= 988 lele

Jawaban : A

14. PT Pura Barutama mempunyai 125 karyawan, setiap hari semua karyawan diantar jemput bus perusahaan. Bus yang ada sejumlah 5 bus. Jadi setiap bus mengangkut ........... . karyawan.

a. 125 : 5  = 26 karyawan

b. 125 : 5  = 25 karyawan

c. 125 : 5  = 27 karyawan

Jawaban : B

15. Lagu “Tek Kotek Kotek Kotek ” Perhatikan cuplikan lirik lagu disamping ! Judul lagu disamping yang tepat adalah ... .

a. Anak Ayam

b. Ayam Jago

c. Ayam Kampung

Jawaban : A

16. Gerakan kuat dan lemah pada tarian disesuaikan dengan tempo ...............yang mengiringinya.

a. Angklung

b. Gamelan

c. Musik

Jawaban : C

17. Permainan tradisional yang masih ada sampai sekarang adalah permainan lompat bambu. Permainan lompat bambu dilakukan secara ... .

a. Kelompok

b. Berpencar

c. Sendirian

Jawaban : A

18. Berjalan dan berlari merupakan contoh gerakan kaki. Gerak kombinasi jalan dan lari bertujuan melatih otot ... .

a. Tangan

b. Kaki

c. Leher

Jawaban : B

19.Tahapan daur hidup kupu - kupu setelah telur berubah menjadi … .

a. Ulat

b. Kepompong

c. Telur

Jawaban : A

20.Saat Pandemi Covid-19 membuat saya dan teman-teman merindukan permainan “Kuda – kudaan”. Permainan ini dapat membantu memperkuat tangan dan kaki. Agar kita tidak cidera sebelum bermain kuda – kudaan kita melakukan ... .

a. pemanasan

b. pendinginan

c. permainan

d. Jawaban : A

Demikian kumpulan latihan soal  PAS atau Penilaian Akhir Semester I untuk siswa SD/MI Tema 1 Kelas 3 Tahun Pelajaran 2021 2022 dan kunci jawabannya.

Dengan adanya kumpulan latihan soal  PAS atau Penilaian Akhir Semester I untuk siswa SD/MI Tema 1 Kelas 3 Tahun Pelajaran 2021 2022 dan kunci jawaban seperti ini di harapkan bisa membantu siswa siswi dalam belajar tema 1 Siswa Kelas 3 SD/MI.

Konten soal soal ujian ini dibuat untuk siswa siswi SD/MI dalam proses evaluasi belajar dalam menemukan soal dan kunci jawaban.
Baca Juga: 40 Prediksi Soal dan Kunci Jawaban PAS PKN Kelas 8 Semester 1 Sesuai Kisi-kisi Kurikulum 2013 Tahun 2022
Artikel ini tidak mutlak kebenaran jawabannya. Namun jawaban bersifat terbuka, dan dimungkinkan bagi guru atau siswa bisa mengeksplore jawaban lain yang mungkin lebih presisi.Semangat menjemput kesuksesan.***

Editor: Muhammad Ma`ruf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah