MEDIA BLORA - Artikel ini berisi kumpulan soal UTS/PTS Informatika kelas 12 SMA/MA semester 1 Kurikulum 2013 yang dilengkapi dengan kunci jawaban Tahun Pelajaran 2023 2024.
Kumpulan soal UTS/PTS Informatika kelas 12 SMA/MA semester 1 Kurikulum 2013 yang dilengkapi kunci jawaban ini bisa dipakai sebagai latihan soal dan bahan belajar sebelum PTS atau UTS dilaksanakan.
Dengan adanya kumpulan soal UTS/PTS Informatika kelas 12 SMA/MA semester 1 Kurikulum 2013 ini diharapkan bisa membuat adek-adek kelas 12 bisa lebih siap menghadapi UTS atau PTS yang akan segera dilaksanakan..
Artikel kumpulan soal UTS/PTS Informatika kelas 12 SMA/MA semester 1 sesuai Kurikulum 2013 ini hanya merupakan salah satu referensi bahan belajar, jadi adek-adek bisa mencari sumber referensi yang lainnya agar sukses saat pelaksanaan PTS atau UTS semester 1 Tahun Pelajaran 2023 2024.
Sebagaimana dirangkum MEDIA BLORA dari berbagai sumber berikut kumpulan soal UTS/PTS Informatika kelas 12 SMA/MA semester 1 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2023 2024.
1. Prototyping yang sudah dibangun sudah sesuai dengan keinginan pelanggan atau belum. Jika sudah sesuai, maka langkah selanjutnya akan diambil ialah….
a. Pengumpulan kebutuhan
b. Membangun prototyping
c. Evaluasi prototyping
d. Mengodekan sistem
e. Pembuatan program
Jawaban : c
2. Hasil kombinasi elemen-elemen dari model waterfull yang diaplikasikan secara berulang dinamakan….
a. Model incremental
b. Model boehm
c. Model Rapid Application Development (RAD)
d. Model implementasi
e. Model waterfull
Jawaban : a
3. Lanjtan dari rancangan prototype, prototype ini langsung disusun sebagai suatu sistem informasi yang akan digunakan dinamakan….
a. Desain prototyping
b. Requirement prototyping
c. Implementasi prototyping
d. Feasibility prototyping
e. Readability
Jawaban : c
4. Penggunaan biasanya memberikan masukan berdasarkan hasil yang didapat dari tahap engineering dan instalasi ialah….
a. Tahap konsturksi dan pelepasan
b. Tahap rekayasa (engineering)
c. Tahap analisis risiko
d. tahap evaluasi
e. Design
Jawaban : d
5. Digunakan sebagai sarana bagi pemakai untuk memasukkan data input bagi perangkat lunak ialah….
a. Perangkat keyboard
b. Layar monitor
c. Perangkat mouse
d. Print
e. Design
Jawaban : c
6. Pemakai akan dikembangkan dengan menggunakan user interface dengan berbasis web dinamakan….
a. Kebutuhan antarmuka eksternal
b. Antarmuka pemakai
c. Antarmuka perangkat keras
d. Antarmuka perangkat lunak
e. Antarmuka program
Jawaban : a
7. Perangkat lunak yang telah diuji dan diterima pelanggan siap untuk digunakan ialah….
a. Menggunakan sistem
b. Evaluasi sistem
c. Menguji sistem
d. Mengodekan sistem
e. Pembuatan program
Jawaban : a
8. Digunakan untuk menguji kelayakan dari teknologi yang akan digunakan untuk sistem informasi yang akan disusun ialah….
a. Feasibility prototyping
b. Requirement prototyping
c. Desain prototyping
d. Implementasi prototyping
e. Design prototyping
Jawaban : a
9. Digunakan untuk mengetahui kebutuhan aktivitas bisnis user ialah….
a. Feasibility prototyping
b. Requirement prototyping
c. Desain prototyping
d. Implementasi prototyping
e. Testing performance
Jawaban : b
10. Digunakan untuk mendorong perancangan sistem informasi yang akan digunakan ialah….
a. Feasibility prototyping
b. Desain prototyping
c. Requirement prototyping
d. Implementasi prototyping
e. Testing
Jawaban : b
11. Pada tahap ini dibangun komunikasi yang baik dengan calon pengguna dinamakan….
a. Tahap planning (perancanaan)
b. tahap analisis risiko
c. Tahap liason
d. Tahap evaluasi
e. Tahap design
Jawaban : c
12. Pada tahap ini ditentukan sumber-sumber informasi, batas waktu dan informasi-informasi yang dapat menjelaskan proyek dinamakan….
a. Tahap planning (perencanaan)
b. Tahap analisis risiko
c. Tahap liason
d. Tahap evaluasi
e. Tahap testing
Jawaban : a
13. Berikut langkah yang menjadi karakteristik dalam proses pengembangan pada metode prototype, kecuali….
a. Pemilihan fungsi
b. Penyusunan sistem informasi
c. Perancangan dialog
d. Evaluasi
e. Design
Jawaban : c
14. Aktivitas analisis seperti desain/rancangan atau komunikasi pelanggan dapat diskemakan dengan cara yang sama ialah….
a. The Concurrent Development Mode
b. Component Assembly Model (CAM/Model Perakitan Komponen)
c. Spiral model
d. Incremental mode
e. Design
Jawaban : a
15. Pelanggan dan pengembang bersama-sama mendefinisikan format seluruh perangkat lunak ialah….
a. Pengumpulan kebutuhan
b. Membangun prototyping
c. Evaluasi prototyping
d. Mengodekan sistem
e. Testing
Jawaban : a
Demikianlah artikel kumpulan Soal UTS/PTS Informatika kelas 12 SMA/MA semester 1 Kurikulum Merdeka, beserta kunci jawaban yang dapat dijadikan sebagai latihan sebelum PTS atau UTS dilaksanakan.***
*Disclaimer
1. Konten ini dibuat untuk siswa atau orang tua dalam proses evaluasi belajar dalam menemukan soal dan kunci jawaban.
2. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.
3. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi guru atau siswa mengeksplorasi jawaban lain yang lebih baik.