50 Contoh Soal dan Kunci Jawaban Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 9 Sesuai Kurikulum 2013 TA 2023 2024

- 31 Maret 2024, 06:30 WIB
Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia kelas 9, cocok untuk bahan belajar di rumah
Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia kelas 9, cocok untuk bahan belajar di rumah /Pexels.com / Bilakis/

MEDIA BLORA - Artikel ini berisi 50 contoh soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia kelas 9 sesuai kisi-kisi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2023 2024, disertai kunci jawaban yang pas untuk latihan Ujian Sekolah sebelum dilaksanakan.

50 contoh soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia kelas 9 sesuai kisi-kisi Kurikulum 2013 beserta kunci jawaban, bisa digunakan latihan orang tua atau siswa kelas 9 SMP/MTS, agar sukses ketika pelaksanaan Ujian Sekolah Tahun Ajaran 2023 2024.

Para siswa bisa mencoba mengerjakan 50 contoh soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia kelas 9 sesuai kisi-kisi Kurikulum 2013 SMP/MTS beserta kunci jawaban ini, agar siswa mempunyai lebih banyak referensi dalam persiapan Ujian Sekolah.

Baca Juga: Kumpulan Soal Ujian Sekolah Bahasa Jawa Kelas 9 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban Tahun Ajaran 2023 2024

Walaupun sudah ada kunci jawaban 50 contoh soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia kelas 9 sesuai kisi-kisi Kurikulum 2013 dari artikel dibawah ini, diharapkan para siswa tetap berusaha untuk mengerjakan tanpa melihat kunci jawabannya terlebih dahulu.

Berikut ini MEDIA BLORA rangkum dari berbagai sumber, 50 contoh soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia kelas 9 sesuai kisi-kisi Kurikulum 2013, bisa untuk laihan soal di rumah.

 1. Perhatikan kalimat berikut ini!
Siti : “Ayo….. pulang, ayah menunggu di rumah !"
Maura : “Nggak mau, aku mau di sini saja.”
Siti : “Nanti ayah marah.”
Maura : ”Aku tidak peduli, apa kata ayah nanti.”

Watak Maura dalam kutipan drama tersebut adalah…..

A. Penurut
B. Baik Hati
C. Sombong
D. Keras Kepala

Jawaban D

2. Gulungan ombak yang datang dari tengah lautan, setelah sampai ditepi pantai bergulung kembali ditengah lauta. Takjubnya aku tidak dapat dielakan karena permainan ombak itu merupakan suatu permainan masa. Bukankah begitu perjalanan zaman tersebut?

Pesan penggalan novel tersebut adalah..........

A. Gulungan ombak yang datang ketengah lautan
B. Kehidupan itu setiap saat harus berubah sesuai zamanny
C. Ombak bergulung-gulung ketengah lautan dielakan
D. Takjubnya aku tidak dapat dielakan oleh ombak

Jawaban B

3. Perhatikan langkah-langkah berikut
(1) Membuat sinopsis
(2) Membaca Novel secara keseluruhan
(3) Merangkai ringkasan berdasarkan hal-hal penting
(4) Menulis identitas novel (judul dan pengarang)
(5) Mencatat hal-hal penting

Langkah-langkah membuat sinopsis novel adalah................

A. (1) – (2) – (4) – (3) – (5)
B. (2) – (5) – (3) – (1) – (4)
C. (1) – (3) – (4) – (5) – (2)
D. (2) – (3) – (5) – (2) –(4)

Jawaban B

4. Berikut ini adalah unsur-unsur yang terdapat dalam pementasan drama, kecuali.....

A. Pemain
B. Sutradara
C. Tata panggung
D. Penonton

Jawaban D

5. Perhatikan kalimat berikut ini!
Ayu : “Boleh berobat jalan saja, Dok?”
Dokter : “Tidak, anda harus diinfus. Besok pagi anda saya rujuk ke rumah sakit.”
Ayu : “Terima kasih, Dok. Saya akan memberitahu ayah dan ibu saya. Berapa saya harus bayar Dok?
Ayu : ”Tidak usah bayar dulu, nanti daja kalau sudah sembuh malam ini anda harus banyak istirahat.

Watak tokoh dokter dalam kutipan drama tersebut adalah............

A. Ramah
B. Sopan
C. Taat
D. Bijaksana

Jawaban D

6. Perhatikan kalimat berikut ini!
Sodikin : “Payah kamu, Run! mana pernah kamu belajar? Nyontek aja dapat nilai bagus. Tapi apa gunanya? Iya ngga, teman-teman?”
Harun : “Sembarangan kamu Kin, kapan aku nyontek, hah? Awas kamu!”

Kalimat dialog yang diucapkan oleh tokoh Harun sebaiknya diucapkan dengan nada.....

A. Sedih
B. Senang
C. Marah
D. Kecewa

Jawaban C

7. Penulisan alamat surat yang benar adalah…..

A. Kepada
Yth. Bapak Kepala SMPN 4 Gabus
B. Yth.
Kepala SMPN 4
C. Yth; Kepala SMPN 4
Jalan Mawar 24 Jl. Mawar 24
Gabuswetan
D. Yth. Kepala SMPN 4
Jalan Mawar 24 Jalan Mawar No 25
Gabuswetan Gabuswetan

Jawaban D

8. Perhatikan kalimat berikut ini!
Ratna : “Hebat kamuWin, dalam waktu dua tahun usahamu sudah berhasil”
Windi : “ya, kebetulan saja. Sayapun baru mencoba dan belajar”
Ratna : “Katanya bulan depan kamu mewakili pengusaha batik ke luar negeri (.............)
Windi : “Ya, terimakasih inipun juga secara kebetulan.”

Kalimat yang tepat digunakan untuk melengkapi dialog tersebut adalah..........

A. Keberhasilan memerlukan keuletan dan pengorbanan
B. Lanjutkan perjuangan dan usahamu pasti cita-citamu tercapai
C. Kamu lebih sukses, kamu memang hebat
D. Selamat ya, semoga sukses dan prestasinya meningkat

Jawaban D

9. Latar tempat pada kutipan naskah drama yang terdapat dalam soal no 33 adalah........

A. di ruang praktik dokter
B. di teras puskesmas
C. di rumah sakit
D. di ruang rumah sakit

Jawaban A

10. Perhatikan kalimat berikut ini!
Putri : “Nur! Wah gawat Nur!”
Nurma : “Kenapa Put?Mengapa kamu kebingungan?”
Putri : “Wah....anu, buku ku! PR Matematika ku!”
Nurma : “Iya....mengapa buku PR mu?”
Putri : “Tertinggal! Tertinggal di rumah, wah....bagaimana nanti?”
Nurma : “Takut dihukum bu Rani?”
Putri : “jelas dong, kita kan wajib mengerjakan PR.”

Konflik yang terjadi dalam drama tersebut adalah......

A. Seorang anak yang malu karena tidak mengerjakan PR
B. Ketegangan seorang guru kepada para siswanya
C. Perselisihan antara siswa dengan temannya
D. Siswa yang ketakutan karena lupamembawa buku PR nya

Jawaban D

Baca Juga: Kumpulan Soal Ujian Sekolah IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 beserta Kunci Jawaban Tahun Ajaran 2023 2024

 11. Pustakawan harus mempunyai kemampuan manajemen yang baik, menguasai teknik berorganisasi, dan pengetahuan yang luas tentang buku-buku dan bahan-bahan pustaka lainnya. Akan tetapi, hal itu belum tentu mampu mendatangkan pembaca jika pustakawan tidak memberi saran-saran dan masukan kepada pembaca dengan sebaik-baiknya. Selanjutnya, pustakawan harus dapat pula meyakinkan pembaca bahwa buku adalah sahabat kita.

Isi pokok dari kutipan laporan tersebut adalah ...

A. Kemampuan yang harus dimiliki oleh pustakawan
B. Buku adalah sahabat kita sehari-hari
C. Pustakawan dapat memberi saran dan masukan bagi pembaca
D. Tugas pustakawan sangat menentukan kema-juan perpustakaan

Jawaban A

12. Hampir semua jenis penyu dilindungi oleh undang-undang nasional maupun internasional karena dikhawatirkan akan punah. Disamping penyu Belimbing, dua spesies lain yakni yakni penyu Kemp’s Ridley dan penyu sisik juga diklasifikasikan sebagai sangat terancam punah oleh The World Conversation Union. Penyu hijau, penyu lekang atau penyu abu-abu dan penyu tempayan digolongkan terancam punah. Hanya penyu pipih yang diperkirakan tidak terancam punah.

Isi pokok yang terdapat pada kutipan di atas adalah................

A. Jenis penyu yang dilindungi undang-undang
B. Cara penangkaran penyu yang hampir punah
C. Tempat rekreasi yangmenyajikan beberapa jenis penyu
D. Isi undnag-undang yangmelindungi satwa yang hampir punah

Jawaban A

13. Siswa peserta tour sudah berkumpul di halaman sekolah. Sebelum berangkat, panitia tour mempersiapkan segala sesuatunya. Tujuan pertama Candi Prambanan, kemudian pantaiParangtritis dan Malioboro.

Laporan di atas disampaikan berdasarkan urutan....

A. Waktu
B. Tempat
C. Ruang
D. Topik

Jawaban B

14. Perhatikan isi laporan berikut!
(1) Di Provinsi Bangka Belitung tersohor tiga durian legenda, yaitu durian chumasi, sutra manis, dan pledes
(2) Ketiganya terutama durian chumasi, melegenda, karenamenjadi kesukaan bangsawan Cina
(3) Harga durian chumasimelangit hingga Rp 200.000,00 per buah
(4) Durian sutramanis istimewa karena kering, manis dan berwarna jingga

Tanggapan yang sesuai dengan isi laporan tersebut adalah........

A. Laporan tersebut tidak menjelaskan bahwa durian pledes merupakan durian yang melegenda
B. Buah durian yang terkenal dari provinsi Bangka Belitung adalah durian chumasi, sutramanis dan pledes
C. Karana kelezatannya, durian chumasi dijual hingga 300.000,00 per buah
D. Durian sutramanis juga digemari para pelancong yang datang ke provinsi Bangka Belitung

Jawaban B

15. Kalimat tanggapan perjalanan teman yang wajar dan baik adalah….

A. Laporan perjalanan itu sangat buruk dan tidak pantas disampaikan di forum yang terhormat ini.
B. Baru kali ini melihat laporan perjalanan yang sangat hebat dan menggetarkan.
C. Alangkah nekadnya iamenyampaikan laporan perjalanan yang tampak seperti cerpen murahan ini.
D. Laporan perjalanan ini sebenarnya cukup lengkap dan bagus, namun penulis kurang mendalam dan kurang dalam mengulas kehidupan masyarakat setempat.

Jawaban D

16. SMP Negeri 4 Gabuswetan melaksanakan pertandingan antar kelas selesai semester ganjil. Pertandingan itu meliputi sepak bola, bulu tangkis, dan bola volly. Panitianya berasal dari OSIS. Tempatnya di lapangan serbaguna. Pertandingan itu sangat ramai.

Berdasarkan ilustrasi di atas termasuk kedalam bentuk laporan.......

A. Pengamatan
B. Kegiatan
C. Perjalanan
D. Keuangan

Jawaban B

17. Syarat laporan yang baik adalah sebagai berikut, kecuali........

A. Objektif
B. Kalimat jelas
C. Sistematis
D. Kalimatnya panjang lebar

Jawaban D

18. Sebelum berwawancara dengan narasumber, langkah yang tepat dilakukan adalah……

A. Menentukan tempat
B. Menyusun daftar pertanyaan
C. Berlatih wawancara
D. Menentukan kesimpulan

Jawaban B

19. Hal-hal yang harus dicatat dalam melakukan wawancara adalah sebagai berikut, kecuali…..

A. Cara wawancara
B. Tujuan wawancara
C. Simpulan wawancara
D. Nama narasumber

Jawaban A

20. Pertanyaan yang tepat digunakan untuk berwawancara tentang masalah perdagangan yaitu.......

A. Bagaimana kesejahteraan karyawan di perusahaan bapak?
B. Berapa jumlah karyawan di perusahaan ini?
C. Berapa omzet penjual perhari?
D. Apa yang dilakukan jika ada karyawan yang malas?

Jawaban C

Baca Juga: Prediksi 50 Soal Ujian Sekolah IPA Kelas 9 Sesuai Kisi-kisi Kurikulum 2013 beserta Kunci Jawaban TA 2023 2024

21. Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama!
Ya, kediaman keluarga Sastro Suwiryo yang menempati lahan seluas 200 meter persegi di Desa Kasongan pinggiran Yogyakarta itu bisa dibilang tenang dan tentram sebelumnya. Malam itu sudah hampir setengah jam isak tangis terdengar mengalahkan lagu malam yang dinyanyikan oleh angin dan lambaian pohon kelapa belakang rumah. Rembulan purnama yang tengah asik menemani orang-orang yang sedang tidur dengan nyenyak juga tidak disapa oleh isak tangis itu.
Kalimat bercetak tebal dalam kutipan di atas mengandung majas …

A. Metafora

B. Metonimia

C. Personifikasi

D. Hiperbola

Jawaban A

22. Perhatikan kutipan paragraf berikut dengan saksama!
(1) Setiba di pantai, aku segera melangkahkan kakiku di hamparan pasir putih. (2) Ombak menyapaku dengan riang gembira. (3) Empasan angin di wajahku membuat suasana hatiku menjadi tenang. (4) Kicauan camar juga menambah suasana menjadi syahdu.
Majas personifikasi dalam kutipan paragraf di atas terdapat pada kalimat …

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

Jawaban D

23. Di kelasmu akan diadakan diskusi mengenai “Bahaya Narkotika”. Kalimat pendahuluan yang tepat untuk memulai diskusi bagi moderator adalah …

A. “Bahaya Narkotika” adalah tema yang akan kita diskusikan hari ini.

B. “Bahaya Narkotika” adalah tema yang akan kita diskusikan hari ini.

C. Mari kita mulai kegiatan diskusi hari ini mengenai “Bahaya Narkotika”.

D. Sebaiknya diskusi dibuka setelah kepala sekolah hadir.

Jawaban D

24. Berikut merupakan hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam sebuah kisah inspiratif adalah …

A. Kisah perjuangan tokoh untuk mencapai kesuksesan.

B. Konflik tokoh dengan orang-orang di sekitarnya.

C. Kondisi keuangan tokoh.

D. Kekurangan tokoh.

Jawaban B

25. Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama!
“Sepertinya tadi ada suatu kekeliruan ketika Ibu mengembalikan uang belanjaan kepada saya, sebab ….”
“Seharusnya saya terima seratus rupiah, bukan? Kalau tak salah, sekian itulah angka yang tertulis dalam struk belanjaan saya.”
“Coba saya liat dulu.” Si kasir lalu memeriksa struk belanja yang ada di hadapannya.
Ia berkata, ”Nah ini, tagihan belanja Anda dengan jumlah uang: tiga ratus ribu rupiah dan yang harus dikembalikan seratus ribu rupiah. Apa yang keliru? Bukankah tadi Saudara terima dari saya seratus ribu rupiah?”
“Tidak,”jawab wanita muda itu. ”Ibu tadi memberikan kepada saya bukan selembar kertas seratus ribu, tapi dua lembar. Jadi, dua ratus ribu rupiah yang saya terima tadi.”
“Oh,, kalau begitu saya keliru. Benar-benar keliru,” kata si kasir akhirnya dengan kemalu-maluan. ”Maklum banyak kerja. Lagi pula lembaran-lembaran uang itu masih baru hingga mudah saja terlengket karenanya. Jadi, Saudara mau kembalikan uang yang seratus ribu rupiah kepada saya, sekarang?”
“Betul, Saya akan mengembalikannya kepada Ibu.”
Kutipan cerita di atas bertemakan …

A. Kejujuran seseorang dalam hidup.

B. Kehati-hatian pegawai terhadap seseorang.

C. Keberanian pegawai mengakui kekeliruan.

D. Kebaikan seseorang terhadap pegawai kasir.

Jawaban C

26. Bacalah penggalan cerita inspiratif berikut dengan saksama!
Beruntung ia masih diberi hidup, tetapi hidupnya serasa hanya untuk merasakan derita. Bahkan pada Mei 1993 tidak hanya darah yang diserang ginjalnya pun mengalami kebocoran. Namun, yang membuat kami terharu adalah ketabahan dan kepasrahannya untuk menderita. Ia tetap melanjutkan kuliahnya sampai menyelesaikan KKN.
“Saya menderita penyakit yang produksi zat kekebalan tubuh tidak terkontrol sehingga berlebihan. Akibatnya, saat serangan penyakit dating justru antibodi itu menyerang organ lainnya yang sehat”, tulis Dinar dalam buku hariannya.
Penggalan cerita inspiratif di atas termasuk dalam bagian …

A. Orientasi

B. Komplikasi

C. Resolusi

D. Koda

Jawaban B

27. Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama!
Selama menjabat menjadi Kabareskrim, Sutarman juga lebih suka menggunakan mobil keluaran baru yang menjadi jatahnya. Sebelumnya, Sutarman juga diketahui “memarkir” enam orang walpri (pengawal pribadi) yang selama ini bertugas mendampingi Kapolri saat melakukan perjalanan ataupun kegiatan di luar markas besar.
Hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam cerita inspiratif di atas adalah …

A. Memiliki kesukaan yang tidak bisa digantikan dengan yang lain.

B. Kesederhanaan, baik dalam bersikap maupun dalam menjalankan tugas.

C. Lebih senang sendiri tanpa pengawalan karena akan lebih bebas.

D. Tidak membutuhkan bantuan orang lain, termasuk dalam pengawalan.

Jawaban C

28. Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama!
Pak Nino adalah seorang mantan pegawai pabrik yang sudah pensiun beberapa tahun. Dia memiliki inisiatif untuk membuka usaha untuk memproduksi makanan ringan untuk meningkatkan kualitas hidupnya dan orang-orang di sekitar dia.
Kutipan teks inspiratif di atas adalah bagian …

A. Orientasi

B. Perumitan masalah

C. Komplikasi

D. Resolusi

Jawaban A

29. Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama!
Usia yang tak lagi muda, tak menyurutkan semangat kakek untuk berbagi untuk sesama. Kakek berusia 94 tahun bernama Mbah Asrori ini memiliki moto “Usia bukan batasan untuk berhenti bersedekah”. Kakek asal Semarang ini setiap hari jumat selalu melakukan sedekah dengan membagikan nasi bungkus kepada orang-orang yang membutuhkan, seperti pemulung, tukang becak, dan lainnya. Kakek tiga anak ini setidaknya menyisihkan uang sebanyak Rp 400.000,00 per bulan untuk sedekah.
Kutipan cerita di atas sangat inspiratif karena …

A. Usianya

B. Profesinya

C. Kekayaannya

D. Kepeduliannya

Jawaban A

30. Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama!
Usia yang tak lagi muda, tak menyurutkan semangat kakek untuk berbagi untuk sesama. Kakek berusia 94 tahun bernama Mbah Asrori ini memiliki moto “Usia bukan batasan untuk berhenti bersedekah”. Kakek asal Semarang ini setiap hari jumat selalu melakukan sedekah dengan membagikan nasi bungkus kepada orang-orang yang membutuhkan, seperti pemulung, tukang becak, dan lainnya. Kakek tiga anak ini setidaknya menyisihkan uang sebanyak Rp 400.000,00 per bulan untuk sedekah.
Makna moto “Usia bukan batasan untuk berhenti bersedekah” dalam kutipan teks di atas adalah …

A. Adanya pembatasan usia dalam bersedekah.

B. Jika ingin bersedekah, jangan melihat usia.

C. Usia menjadi tolak ukur untuk diberi sedekah.

D. Jangan berhenti bersedekah meskipun usia sudah tua.

Jawaban B

Baca Juga: 50 Prediksi Soal Ujian Sekolah Prakarya Kelas 9 beserta Kunci Jawaban Sesuai Kurikulum 2013 TA 2023 2024

31. Percakapan/ucapan atau dialog oleh tokoh mengenai apa saja yang harus tokoh ucapkan pada saat dilakukannya pementasan drama disebut ….

A. Prolog
B. Dialog
C. Wawancang.
D. Kramagung.

Jawaban C

32. Perhatikan kutipan naskah drama berikut dengan saksama!
Alkisah di sebuah perkampungan nan sepi, terdapat sebuah keluarga yang sangat miskin. Ketika itu, tampak seorang anak perempuan menangis. Ibunya sedang duduk di depan tungku api yang belum menyala, dengan matanya yang berlinang .
Kutipan naskah drama tersebut termasuk bagian drama ….

A. Prolog.
B. Narasi.
C. Monolog.
D. Epilog.

Jawaban A

33. Perhatikan kutipan naskah drama berikut dengan saksama!
Fenita : “Kamu harus menentukan sikap. Pilih liburan ke Jogja atau Bali, sekarang juga!”
Verri : “Beri aku kesempatan untuk berpikir.”
Fenita : “Tidak perlu basa-basi, kalau tidak aku yang akan memutuskan, titik!”
Verri : ” Terserah kamu,!
Berdasarkan dialog antar tokoh pada naskah drama di atas, menunjukkan bagian drama ….

A. Pemaparan.
B. Konflik.
C. Klimaks.
D. Resolusi.

Jawaban B

34. Peristiwa terjadinya permasalahan antar tokoh sampai pada puncaknya ketegangan disebut bagian .... dalam alur drama....

A. Pengenalan.
B. Klimaks.
C. Komplikasi.
D. Katastrof.

Jawaban B

35. Seperti halnya karya sastra bentuk lain, sebuah teks drama juga memiliki unsur estetis... Estetis artinya ….

A. Merupakan karya rekaan.
B. Mengupas masalah sosial.
C. Mengandung unsur keindahan.
D. Memiliki nilai moral.

Jawaban C

36. Dalam sebuah drama cerita yang disajikan dalam bentuk tarian tanpa adanya dialog biasanya diiringi oleh music,gamelan, jenis drama terbut dinamakan....

A. Opera .
B. Pantomim.
C. Prolog.
D. Sendratari.

Jawaban D

37. Bacalah kutipan naskah drama berikut dengan saksama!
Menjelang waktu dzuhur yang panas, Toni, Sinta dan Sari berteduh di bawah pohon beringin. Mereka asyik mengobrol sambil memesan bakso. (1)
Toni : “Kudengar besok akan diadakan razia”. (2)
Sari : “Ah yang bener? Dapat informasi dari mana kamu?”
(menggeser kursi mendekat pada Toni ). (3)
Sinta : “Kalau razianya terang-terangan diketahui siswa, bukan razia lagi dong nieh”.
Sari : “Tull, eh seriusan kamu dapat info dari mana?”
Toni : “Dari mamaku. Makanya jangan bawa barang aneh-aneh besok.” (4)
(menatap Sari sambil tertawa kecil). (5)
Sinta : “Barang aneh apa?” (menatap Sari curiga) (6)
Sari : “Gak, ada. Fitnah aja si Toni”. (7)
(Mendengus kecil). (8)
Wawancang dalam kutipan naskah drama tersebut ditujukkan pada nomor ….

A. (6), (7), (8).
B. (1), (3), (5).
C. (2), (4), (7).
D. (1) dan (8).

Jawaban C

38. Perhatikan kutipan teks drama berikut dengan saksama!
Suatu pertunjukan teater tanpa kata-kata atau dialog yang penampilannya lebih menghandalkan pada gerak tubuh atau gesture dikuatkan dengan ekpresi wajah dan diiringi lagu dan musi, certa tenteks tersebut adalah....

A. Kramagung. .
B. Prolog.
C. Petunjuk pementasan.
D. Pantomime .

Jawaban D

39. Cermatilah pernyataan-pernyataan berikut dengan saksama!
(1) Karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dan dengan maksud dipentaskan.
(2) Teks yang memaparkan penilaian atau ulasan terhadap suatu objek atau karya.
(3) Ada tokoh (pelaku), dapat berupa wayang, boneka, dan manusia.
(4) Bersifat membujuk atau memengaruhi pembaca.
(5) Sebuah karya sastra yang harus diperankan atau dilakonkan.
Berdasarkan pernyataan di atas yang membedakan drama dengan karya sastra lain ditunjukkan dengan ciri-ciri yang terdapat dalam kalimat nomor ….

A. (1), (3), (5).
B. (2), (3), (4).
C. (3), (4), (5).
D. (1), (2), (3).

Jawaban A

40. Perhatikan kutipan teks drama berikut!
Ayu : “Sudah malam lo Sis, kita harus segera pulang.”
Siska : “Sudahlah Yu, tenang saja toh ini baru jam sembilan lebih sedikit. Jalanan masih ramai.”
Ayu : “Ih, sudah malam begini kok tenang. Kan kita perempuan, masak pulang sampai larut malam. Tidak enak kan dengan tentangga. Nanti mereka mengira kita suka keluyuran malam.”
Siska : (Dengan sikap tenang) ”Sudah, nanti saya antar kamu. Memang repot, kita ini perempuan tidak wajar kalau pulang terlalu malam. Kita pun tidak berani melanggar aturan tidak tertulis di masyarakat kita ini.”
Ayu : “Maka dari itu kita harus mengikuti aturan yang ada sehingga nantinya kebaikan yang kita dapatkan.”
Tokoh utama pada kutipan teks drama di atas adalah ….

A. Siska.
B. Siska dan Ayu.
C. Mayarakat.
D. Ayu.

Jawaban D

Baca Juga: Latihan 50 Soal beserta Kunci Jawaban Ujian Sekolah PKN Kelas 9 Sesuai Kisi-kisi Kurikulum 2013 TA 2023 2024

41. Bacalah paragraf-paragraf berikut dengan saksama!
1) Pencabutan subsidi BBM memang dari mulai diluncurkan oleh pemerintah mengundang pro dan kontra. Ada masyarakat yang sepakat dengan pencabutan subsidi tersebut. Ada pula yang menolaknya dengan pertimbangan lain yang juga logis.
2) Baru-baru ini subsidi BBM mulai dicabut (dikurangi) sedikit demi sedikit. Pemerintah mengalihkan subsidi tersebut untuk kebutuhan masyarakat, seperti jaminan kesehatan, bidang pertanian, pendidikan dan pembangunan infrastruktur secara merata kesemua daerah. Kebijakan ini tentu membawa dampak positif bagi masyarakat di daeah tertentu.
3) Pasca pencabutan subsidi BBM khususnya solar,para pengusaha langsung meradang. Tidak sedikit mereka memberikan penolakan dengan menekan pemerintah. Jika subsidi benar-benar dicabut akan berdampak pada putusan hubungan kerja (PHK) secara massal. Tentu saja ancaman ini membuat pemerintah menjadi bingung dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.
4) Pemeritah tidak akan gegabah memberikan subsidi BBM. Pemberian subsidi BBM saat ini dirasakan oleh kalangan menengah ke atas. Subsidi kurang menyentuh persoalan rakyat bawah.
Bagian argumen menentang pada paragraf di atas ditunjukkan oleh nomor …

A. 1)

B. 2)

C. 3)

D. 4)

Jawaban C

42. Suatu teks yang mengulas suatu masalah dilengkapi dengan argumen yang mendukung atau menyanggah dan diakhiri dengan kesimpulan atau saran adalah pengertian dari …

A. Teks berita

B. Teks persuasi

C. Teks diskusi

D. Teks observasi

Jawaban C

43. Berikut yang termasuk jenis diskusi formal adalah …

A. Kelompok studi, seminar, rapat guru.

B. Seminar, diskusi panel, konggres.

C. Pertemuan komite/wali murid, rapat guru, rapat ketua kelas.

D. Konggres, konferensi, rapat komite.

Jawaban D

44. Berikut merupakan kalimat yang menggunakan konjungsi pertentangan adalah …

A. Masyarakat pada umumnya menyukai seni wayang karena disamping menarik dan padat ceritanya, juga mengandung nilai hiburan yang tinggi.

B. Di dunia modern saat ini, penyajian seni wayang dipadukan dengan gaya dan cengkok seni modern, misalnya tata lampu, tata musik, dan tata suara.

C. Perkembangan pada teknologi elektronik kini berkembang sangat pesat di Indonesia, Namun, perkembangan tersebut memberi pengaruh atau dampak juga terhadap konsumennya, khususnya remaja.

D. Mengingat gaya hidup saat ini seseorang yang memiliki aktivitas tinggi harus berpikir ulang jika mengonsumsi makanan cepat saji.

Jawaban C

45. Perhatikan kutipan teks berikut dengan saksama!
Hal ini menunjukkan bahwa adanya media sosial sangat berpengaruh baik dan buruk bagi remaja. Namun, lingkungan sosialnya yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan perilaku individu. Jadi, jaringan sosial berbahaya untuk beberapa remaja, tetapi tidak bagi yang lain. Semuanya bergantung pada kepribadian remaja itu sendiri.
Konjungsi yang terdapat dalam kutipan teks di atas adalah …

A. Dan, namun, tetapi.

B. Bahwa, sangat, jadi.

C. Dan, untuk, bahwa.

D. Namun, baik, tetapi.

Jawaban C

46. Berikut yang bukan merupakan tugas seorang moderator adalah …

A. Membuka diskusi.

B. Mengatur jalannya diskusi.

C. Menyimpulkan hasil diskusi.

D. Mempersiapkan materi diskusi.

Jawaban A

47. Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama!
Sekarang ini hampir semua orang memiliki media sosial. Tak hanya kawula muda, orang tua dan anak-anak pun bahkan mempunyai. Media sosial merupakan laman atau aplikasi yang memungkinkan pengguna dapat membuat dan berbagi isi atau terlibat dalam jaringan sosial. Selain mudah dalam menggunakan, media sosial juga begitu familier.
Gagasan pokok pada kutipan teks di atas adalah bahwa media sosial ...

A. Hampir dimiliki setiap orang.

B. Dimiliki kawula muda.

C. Sarana berbagi.

D. Begitu familier.

Jawaban C

48. Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama!
Tentunya banyak juga sisi positif pemanfaatan gadget. Gadget memberi siswa akses ke sejumlah besar informasi dan sumber daya. Dengan internet dan berbagai aplikasi dan situs web pendidikan di ujung jari mereka, siswa dapat dengan mudah menemukan dan menjelajahi informasi terkait studi mereka. Akses ke informasi ini dapat mengarah pada pemahaman yang lebih dalam dan hasil belajar yang lebih baik.
Kutipan teks di atas merupakan struktur bagian …

A. Isu

B. Argumen pendukung

C. Argumen penentang

D. Simpulan

Jawaban A

49. Perhatikan langkah-langkah berikut dengan saksama!

(1) Menentukan kalimat utama.
(2) Membaca teks diskusi.
(3) Membuat simpulan teks diskusi.
Urutan langkah-langkah di atas yang tepat, dalam menyimpulkan teks diskusi adalah …

A. (3) – (2) – (1)

B. (1) – (2) – (3)

C. (2) – (1) – (3)

D. (3) – (1) – (2)

Jawaban D

50. Bacalah kutipan teks diskusi berikut dengan saksama!
Hal ini menunjukkan bahwa adanya media sosial sangat berpengaruh baik dan buruk bagi para remaja. Namun, lingkungan sosialnya juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan perilaku individu. Jadi, jaringan sosial berbahaya untuk beberapa remaja, tetapi tidak bagi yang lainnya. Semuanya tergantung pada kepribadian remaja itu sendiri.
Kutipan teks diskusi di atas termasuk bagian ...

A. Argumen mendukung

B. Pendahuluan

C. Simpulan

D. Argumen kontra

Jawaban B

Baca Juga: Kumpulan Soal Ujian Sekolah Matematika Kelas 9 beserta Kunci Jawaban Sesuai Kurikulum 2013 TA 2023 2024

Demikianlah artikel 50 contoh soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia kelas 9 sesuai kisi-kisi Kurikulum 2013 tahun ajar 2023 2024, beserta kunci jawaban yang dapat dijadikan sebagai latihan sebelum Ujian Sekolah dilaksanakan.***

*Disclaimer

1. Konten ini dibuat untuk siswa atau orang tua dalam proses evaluasi belajar dalam menemukan soal dan kunci jawaban.

2. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

3. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi guru atau siswa mengeksplorasi jawaban lain yang lebih baik

Editor: M. In`Amul Muttaqin

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x