Cara Konsumsi Jeruk Nipis untuk Turunkan Asam Urat Tinggi. Perlu Dicoba!

- 17 Februari 2024, 05:30 WIB
Ilustrasi minuman herbal  jeruk nipis
Ilustrasi minuman herbal jeruk nipis /congerdesign

MEDIA BLORA - Jeruk nipis bisa meluruhkan asam urat dalam tubuh karena memiliki kandungan vitamin C pada buah segar ini. Terdapat dua cara mengkonsumsi jeruk nipis yang efektif menurunkan asam urat tinggi.

Asam urat merupakan peradangan sendi kronis yang harus segera diobati dengan tepat. Sebab, asam urat yang dibiarkan bisa memicu penyakit ginjal, parkinson, dan sindrom mata kering. 

Baca Juga: MUDAH ! Begini Cara Mendapatkan EFIN Secara Online Tanpa ke Kantor Pajak

Perlu diketahui bahwa penyakit asam urat muncul karena konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi secara berlebihan. 

Tubuh yang mencerna purin akan memproduksi asam urat. Bila zat asam urat dalam tubuh terlalu tinggi dan gagal di keluarkan, maka akan membentuk kristal. 

Kristal asam urat biasanya akan mengendap di persendian. Kondisi inilah yang memicu nyeri, bengkak, dan kemerahan di persendian. 

Diketahui asam urat menjadi penyakit yang tidak asing lagi bagi masayarakat Indonesia. Berdasarkan laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2015 mencatat prevalensi penyakit asam urat di Indonesia terjadi pada usia di bawah 34 tahun sebesar 32 % dan di atas 34 tahun sebesar 68 %.

Asam urat penyakit yang satu ini memang tidak bisa disembuhkan secara total. Namun untungnya rasa nyeri asam urat yang sering kambuh masih bisa diredakan.

Penderita asam urat biaanya cukup minum obat resep dokter saat serangan asam urat muncul dan sudah dapat mengatasi rasa nyeri walau sesaat. 

Halaman:

Editor: Muhammad Ma`ruf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah