25 Prediksi Soal Soal PTS  Penilaian Tengah Semester  SD/MI Tema 5 Kelas 3 Tahun Pelajaran 2021/2022

- 11 Desember 2022, 23:07 WIB
25 Prediksi Soal Soal PTS  Penilaian Tengah Semester  SD/MI Tema 5 Kelas 3 Tahun Pelajaran 2021/2022
25 Prediksi Soal Soal PTS Penilaian Tengah Semester SD/MI Tema 5 Kelas 3 Tahun Pelajaran 2021/2022 /unsplash.com



MEDIA BLORA - Soal Soal berikut ini merupakan kumpulan latihan  Soal Soal PTS Penilaian Tengah Semester SD/MI Tema 5 Kelas 3 Tahun Pelajaran 2021/2022 dan kunci jawaban.

Dengan adanya kumpulan  latihan Soal Soal PTS Penilaian Tengah Semester  SD/MI Tema 5 Kelas 3 Tahun Pelajaran 2021/2022 ini di harapkan bisa membantu siswa siswi kelas 3 dalam rangka mempersiapan menghadapi ujian Penilaian Tengah Tahun besok.

Di samping itu dengan latihan Soal Soal PTS Penilaian Tengah Semester SD/MI Tema 5 Kelas 3 Tahun Pelajaran 2021/2022 ini di harapkan bisa dijadikan pengayaan bahan materi untuk para orang tua saat mendampingi anaknya belajar dan juga bisa di jadikan pengayaan bahan ajar bagi siswa siswi yang saat ini duduk di kelas 3 SD/MI.

Baca Juga: 20 Soal Soal Latihan PAS Penilaian Akhir Semester I  SD/MI Tema 1 Kelas 3 Tahun Pelajaran 2021/2022

Silahkan di simak dan di pahami dengan seksama kumpulan latihan Soal Soal PTS Penilaian Tengah Semester  SD/MI Tema 5  Kelas 3 Tahun Pelajaran 2021/2022 beserta kunci jawaban berikut ini.

Berikut ini adalah kumpulan latihan soal Soal Soal PTS Penilaian Tengah Semester untuk kelas 3 Tema 5 .

1.Saat pentas budaya, Raditya memainkan  alat musik angklung. Angklung merupakan alat musik yang berasal dari Jawa Barat. Salomo yang berasal dari Medan senang dan ikut mempelajari cara memainkan angklung. Sikap Salomo menunjukkan semangat persatuan dalam keberagaman budaya yaitu … .

a.menghargai keberagaman budaya daerah lain

b.menolak mempelajari budaya daerah lain

c.membenci pentas budaya daerah lain

Jawaban :A  

2.Sikap bersatu harus kalian terapkan dimanapun, termasuk di lingkungan sekolah. Kegiatan yang mencerminkan sikap bersatu disekolah, antara lain melaksanakan piket kelas, menyiapkan peralatan untuk upacara bendera, dan mengikuti lomba di sekolah. Kegiatan yang dilakukan bersama-sama untuk kepentingan bersama disebut … .

a.adu acara

b.kerja sama

c.kerja sendiri

Jawaban :B

3.Banyak manfaat yang akan kita dapat dengan menerapkan sikap bersatu   dalam   keberagaman dilingkungan sekolah.Pekerjaan yang berat menjadi… .

a.berat

b.sukar

c.ringan

Jawaban :C

3.Indonesia terdiri dari ribuan pulau-pulau yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Hal ini membuat Indonesia memiliki beragam suku bangsa. Contohnya adalah suku Gayo, Minangkabau, Batak, Ogan dan Palembang. Suku-suku tersebut merupakan contoh suku yang berasal dari daerah … .   

a.Sulawesi

b.Sumatera

c.Kalimantan 

Jawaban :B           

4.Latifah dan teman-temannya membawa bekal makanan khas daerah. Latifah membawa pempek khas Palembang. Farid membawa makanan khas daerah Yogyakarta, yaitu gudeg. Adapun Komang membawa ayam betutu khas Bali. Mereka saling berbagi dan mencicipi makanan khas daerah lain. Sikap Latifah Farid dan Komang sesuai semboyan … .

a.Tut Wuri Handayani

b.Hemat Pangkal Kaya

c.Bhineka Tunggal Ika

Jawaban :B

5.Indonesia terdiri dari ribuan pulau-pulau yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Hal ini membuat Indonesia memiliki beragam suku bangsa. Contohnya adalah suku Gayo, Minangkabau, Batak, Ogan dan Palembang. Suku-suku tersebut merupakan contoh suku yang berasal dari daerah … .   

a.Sulawesi

b.Sumatera

c.Kalimantan

Jawaban:C

6.Setiap keluarga memiliki keberagaman, seperti fisik, sifat, hobi, dan lain sebagainya. Keberagaman tersebut harus kalian terima dan hargai. Berikut contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan keluarga adalah ...   .

a.Azka membantu adikknya merapikan mainan yang berserakan

b.Bapak Ferdi mengikuti kerja bakti membangun gorong-gorong

c.Supri hanya mau bekerja kelompok dengan teman sebangkunya

Jawaban :A

7.Siswa kelas 3 bergotong royong membersihkan dan menghias kelas untuk lomba memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Kegiatan dilakukan bersama-sama akan membuat pekerjaan menjadi terasa ringan. Salah satu wujud sikap bersatu dalam keberagaman adalah … .

a.berkelompok

b.berselisih

c.bergotong royong

Jawaban :C

8.Informasi dapat diperoleh dari teks bacaan yang disajikan secara tertulis atau lisan.Saat menulis harus memperhatikan keruntutan kalimat dan keefektifan kalimat. Keefektifan kalimat meliputi tanda … dan kosakata baku yang sesuai ejaan. Untuk mengisi rumpang diatas adalah … .

a.baca

b.tanda

c.tanya  

Jawaban :A                        

9.Cuaca saat ini memang mudah berubah. Hujan turun sepanjang hari. Saluran air tak mampu menampung air hujan. Manusia sering membuang sampah sembarangan. Saluran air tersumbat. Lingkunganpun menjadi banjir. Kata yang dicetak tebal memiliki arti … .

a.air yang kering dan deras, kadang meluap

b.air yang banyak dan jarang, kadang mengering

c.air yang banyak dan deras, kadang meluap

Jawaban :C

10.Perhatikan percakapan berikut!

Ida   : Hai Ema. Ini Ida.

Ema : Hai, Ida. Ada apa?

Ida   : Ema, aku baru saja menonton … cuaca. Diperkirakan sore ini akan mendung dan hujan di daerah kita.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang diatas adalah … .

a.prakiraan

b.perkirakan

c.penelusuran

Jawaban :A

11.Tarian Nusantara sangat beragam. Kita boleh mempelajarinya. Contohnya tari pendet dari Bali, tari reog dari Jawa Timur dan tari serimpi dari Jawa tengah. Berdasarkan teks bacaan di atas kata dasar dari Tarian adalah  ... .

a.menari

b.penari

c.tari

Jawaban :C

Indonesia adalah Negara yang berada di garis khatulistiwa bumi. Musim di Negara kita hanya ada 2 jenis, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Jika cuaca cerah berlangsung terus-menerus, tanda musim kemarau sedang berlangsung. Sesekali cuaca berawan.Jika cuaca cerah silih berganti, itu pertanda sedang memasuki masa peralihan atau pancaroba. 

12.Informasi yang sesuai pada bacaan diatas … .

a.Cuaca cerah silih berganti artinya memasuki masa peralihan atau pancaroba.

b.Indonesia adalah Negara yang berada di bawah garis khatulistiwa bumi.

c.Indonesia memiliki dua jenis musim yaitu musim panas dan musim gugur.

Jawaban :A

13.Indonesia terletak di garis khatulistiwa atau equator. Iklim di Indonesia disebut iklim tropis dan memiliki 2 musim. Musim hujan terjadi pada bulan Oktober- Februari. Musim kemarau terjadi pada bulan Maret-September.

Indonesia mengalami musim kemarau terjadi pada bulan … .

a.Oktober-Februari

b.Maret-September

c.Februari-Oktober

Jawaban :B

14.Kita sering mendengar orang menyebutkan istilah cuaca, musim dan iklim. Namun, banyak yang masih bingung tentang perbedaannya. Indonesia  mempunyai musim apa saja?

a.gugur-semi               b.hujan-panas   c. salju dan semi

Jawaban :B

Definisi Iklim

Iklim merupakan keadaan cuaca pada suatu daerah yang luas. Iklim ditentukan dalam waktu yang lama (sekitar 11-30 tahun). Iklim bersifat stabil dan tidak mudah berubah.  Iklim di suatu tempat dipengaruhi letak tempat  tersebut di bumi. Iklim yang berbeda menimbulkan musim yang berbeda. 

15.Kata khusus tentang iklim yang ditemukan pada bacaan diatas adalah … .

a.cuaca

b.daerah

c.iklim

Jawaban :C

16.Indonesia memiliki beragam makanan khas dari berbagai daerah. Makanan khas dari daerah Papua adalah   ...   .

a.jenang        b.papeda             c. horok horok

Jawaban :B

17.Kerja sama merupakan kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama. Dengan bekerja sama tugas piket kelas menjadi mudah dilakuan dan selesai lebih … .  

a.cepat                           b.lambat              c. terarah

Jawaban :A  

18.Kalian harus menerapkan sikap saling menghargai dan menghormati atas keberagaman tarian  dan makanan khas daerah lain. Sikap tersebut dapat mewujudkan.................... Indonesia.

a.keadilan     b.kemakmuran c. persatuan

Jawaban :C

19.Cokorda Bagus berasal dari suku Bali, ia berasal dari daerah Bali. Irvan berasal dari suku Dayak, ia berasal dari daerah …  .

a.Kalimantan               b.sulawesi           c. Irian Jaya

Jawaban :A

20.Pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman dilingkungan keluarga, terutama ayah sebagai kepala keluarga yang mempunyai tugas yaitu mencari . . .    .

a.nafkah        b.ilmu                   c. pujian

Jawaban :A

21.Perubahan cuaca yang sangat cepat disebut cuaca ekstrem. Cuaca ini dapat mengakibatkan tubuh mudah terserang .  .  .       .

A.Hewan Buas            B.Penyakit          C.Ilmu Hitam

Jawaban :B

22.Ditandai dengan matahari bersinar terang, langit terang, udara terasa panas serta awan dilangit jumlahnya sedikit adalah cuaca  ... 

A.mendung B.berawan          C.Cerah

Jawaban :C

.23.Teks yang berisi percakapan antara dua orang atau lebih disebut teks ...

A.diskripsi     B.narasi                                C.percakapan

Jawaban :C    .

24.Makna kosakata dapat dipahami dengan membaca secara seksama. Makna kosakata dapat dicari di Kamus Besar Bahasa Indonesia atau disebut …  .

A.KBBI                            B.KLBI                   C.KBRI

Jawaban :A

25.Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) adalah lembaga yang khususnya mengamati  .     .    secara terus menerus

A.Gempa                      B.Cuaca                                C.Matahari

Jawaban :B

Demikian kumpulan latihan soal  Soal Soal PTS Penilaian Tengah Semester SD/MI Tema 5 Kelas 3 Tahun Pelajaran 2021/2022 dan kunci jawabannya.

Dengan adanya kumpulan latihan Soal Soal PTS Penilaian Tengah Semester SD/MI Tema 5 Kelas 3 Tahun Pelajaran 2021/2022 dan kunci jawaban seperti ini di harapkan bisa membantu siswa siswi dalam belajar tema 5 Siswa Kelas 3 SD/MI.

Konten soal soal ujian ini dibuat untuk siswa siswi SD/MI dalam proses evaluasi belajar dalam menemukan soal dan kunci jawaban.

Baca Juga: Beberapa Obat Alami untuk Mengatasi Gangguan Sesak Nafas karena Sakit Batuk

Artikel ini tidak mutlak kebenaran jawabannya. Namun jawaban bersifat terbuka, dan dimungkinkan bagi guru atau siswa bisa mengeksplore jawaban lain yang mungkin lebih presisi.Semangat menjemput kesuksesan.***

Editor: Muhammad Ma`ruf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah