Inilah Obat Kolesterol dan Asam Urat yang dijual di Apotik, Jangan Sampai Salah Beli

- 16 April 2024, 10:00 WIB
obat kolesterol dan asam urat yang dijual di apotik
obat kolesterol dan asam urat yang dijual di apotik /cnick

MEDIA BLORA - Inilah obat kolesterol dan asam urat yang dijual di apotik, jangan sampai salah beli.

Banyak sekali pertanyaan tentang obat kolesterol dan asam urat yang dijual di apotik, hal ini karena masyarakat Indonesia baru saja merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Pada moment Hari Raya Idul Fitri banyak yang tidak sadar jika makanan yang dikonsumsi mengakibatkan kolesterol maupun asam urat.

Nah, untuk mengatasi masalah kolesterol dan juga asam urat, berikut adalah obat kolesterol dan asam urat yang dijual di apotik.

Obat Kolesterol sendiri terbagi menjadi 2 yaitu obat statin dan non statin.

Obat statin

  • Simvastatin: Obat ini bekerja dengan cara menghambat enzim HMG-CoA reductase yang berperan dalam produksi kolesterol di hati. Simvastatin tersedia dalam berbagai dosis, seperti 5 mg, 10 mg, 20 mg, dan 40 mg.
     
  • Atorvastatin: Obat ini juga bekerja dengan cara menghambat enzim HMG-CoA reductase. Atorvastatin tersedia dalam berbagai dosis, seperti 10 mg, 20 mg, 40 mg, dan 80 mg.
     
  • Rosuvastatin: Obat ini bekerja dengan cara menghambat enzim HMG-CoA reductase dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Rosuvastatin tersedia dalam berbagai dosis, seperti 5 mg, 10 mg, 20 mg, dan 40 mg.
     
  • Pitavastatin: Obat ini bekerja dengan cara menghambat enzim HMG-CoA reductase dan meningkatkan kolesterol HDL. Pitavastatin tersedia dalam berbagai dosis, seperti 1 mg, 2 mg, dan 4 mg.
     
  • Fluvastatin: Obat ini bekerja dengan cara menghambat enzim HMG-CoA reductase dan meningkatkan kolesterol HDL. Fluvastatin tersedia dalam berbagai dosis, seperti 20 mg dan 40 mg.
     

Baca Juga: BARU! 50 Soal Ujian Sekolah SBdP Kelas 6 disertai Jawabannya Sesuai Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2023 2024

Obat non-statin:

  • Ezetimibe: Obat ini bekerja dengan cara menghambat penyerapan kolesterol di usus kecil. Ezetimibe tersedia dalam dosis 10 mg.
     
  • Colesevelam: Obat ini bekerja dengan cara mengikat kolesterol di usus kecil dan membawanya keluar dari tubuh. Colesevelam tersedia dalam bentuk bubuk yang dicampur dengan air atau jus dan diminum 2 kali sehari.
     
  • Lisinopril: Obat ini adalah obat tekanan darah tinggi yang juga dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol LDL. Lisinopril tersedia dalam berbagai dosis, seperti 5 mg, 10 mg, 20 mg, dan 40 mg.
     

Jika diatas merupakan obat kolesterol, berikut adalah obat asam urat yang dijual di apotek.

  • Allopurinol: Obat ini bekerja dengan cara menghambat enzim xantin oksidase yang berperan dalam produksi asam urat. Allopurinol tersedia dalam berbagai dosis, seperti 100 mg, 200 mg, 300 mg, dan 600 mg.
     
  • Febuxostat: Obat ini juga bekerja dengan cara menghambat enzim xantin oksidase. Febuxostat tersedia dalam berbagai dosis, seperti 8 mg, 40 mg, dan 80 mg.
     
  • Probenecid: Obat ini bekerja dengan cara meningkatkan pengeluaran asam urat melalui ginjal. Probenecid tersedia dalam berbagai dosis, seperti 500 mg dan 1000 mg.
     
  • Lesinurad: Obat ini bekerja dengan cara menghambat transporter URAT1 yang berperan dalam reabsorpsi asam urat di ginjal. Lesinurad tersedia dalam dosis 200 mg.
     

Penting untuk diingat bahwa obat-obatan ini hanya boleh dikonsumsi dengan resep dokter.

Halaman:

Editor: M. In`Amul Muttaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah