Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Ciptakan Kaus untuk Memperlancar Produksi ASI

- 23 Agustus 2021, 23:31 WIB
Ilustrasi ASI
Ilustrasi ASI /freepik.com/senivpetro

MEDIA BLORA - Air susu ibu (ASI) diberikan sejak bayi lahir ke dunia hingga berusia enam bulan. Para ibu pada masa kadang-kadang merasa air susu ibu (ASI) mereka kurang lancar.

Padahal selama periode tersebut, disarankan kepada orang tua untuk hanya memberi ASI kepada bayi, tanpa tambahan asupan apa pun. Sebab, ada banyak manfaat ASI eksklusif yang bisa didapatkan oleh bayi.

Air susu ibu mengandung zat antibodi pembentuk kekebalan tubuh yang bisa membantunya melawan bakteri dan virus.

Baca Juga: JPU KPK Tuntut 11 Tahun Penjara, Majelis Hakim Vonis Juliari Batubara 12 Tahun Penjara dan Denda Rp500 Juta

Hal-hal ini yang membuat tim mahasiswa Universitas Muhammadiyah yogyakarta menciptakan kaus khusus untuk memperlancar produksi ASI. Sebagimana dikutip MEDIA BLORA dari suaramerdeka.com dengan judul artikel Ciptakan Kaus Khusus Pelancar ASI.

AIR susu Ibu (ASI) mengandung banyak manfaat yang tidak tergantikan. Salah satunya sebagai imunisasi pertama bagi bayi karena ASI memiliki zat kekebalan tubuh dan imunoglobin.

Pada dasarnya, ASI memiliki antibodi yang secara alami terbentuk serta menyesuaikan kebutuhan bayi setiap saat, meskipun saat bayi sedang dalam keadaan sakit. ”Namun sayang, cakupan pemberian ASI eksklusif di Indonesia masih belum memenuhi target.

Terutama, pada tahun 2011 yang hanya mencakup 17% dan pada 2012 mencakup 27%,” ungkap mahasiswa UMY, Ryas Surya Aji Andinni mewakili timnya yang membuat inovasi pengelolaan ASI.

Baca Juga: Kumpulan Link Twibbon Ikatan Cinta, Tunjukan Bahwa Kamu Penggemar Sejati

Halaman:

Editor: Moch Eko Ridwan

Sumber: Suara Merdeka


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah